Senin, 14 Februari 2011

Pemberontakan Andi Aziz

Pemberontakan Andi Aziz
Pemberontakan Andi Aziz adalah pemberontakan yang dipelopori oleh kapten Andi Aziz seorang Komandan kompi APRIS bekas KNIL. Latar belakang pemberontakan Andi Aziz adalah penolakan pemerintah RIS atas tuntutan Andi Aziz yang menginginkan tanggung jawab atas keamanan NIT diberikan kepada APRIS dari unsure KNIL di Ujung Pandang saja. Pemberontakan yang dilakukan di Makassar dan Ujung Pandang bertujuan :
a. Menolak dan menghalangi mesuknya TNI ke Makassar dan menuntut agar pasukan APRIS dari bekas tentara KNIL saja yang bertanggung jawab.
b. Ingin mempertahankan berdirinya Negara Indonesia Timur (NIT)
Gerakan ini berlangsung pada tanggal 5 April 1950, pasukan Andi Aziz mendudukiobyek-obyek vital Negara di Makassar seperti lapangan terbang dan kantor TelKom. Pasukan ini juga menyerang pos militer dan berhasil menawan pejabay panglima Tentara dan Teritorium Indonesia Timur, Letkol A.Y. Mokoginta.
Upaya yang dilakukan Pemerintah dan TNI untuk menumpas pemberontakan ini , yaitu:
a. Pada tanggal 8 April 1950, pemerintah memberikan ultimatumagar dalam waktu 4x24 jam Andi Aziz harus menyerah. Namun Andi Aziz tidak segera menyerah.
b. Mengirim pasukan yang dipimpin oleh Mayor Worang untuk menangkap Andi Aziz.
c. Pada tanggal 26 April 1950 ekspedisi pasukan militer yang dipimpin Kolonel Alex E. Kawilerang. Meskipun pemberontakan ini dibantu oleh pasukan Belanda yang mesih tersisa si Makassar, pada tahun 1953 Andi Aziz dapat ditangkap dan diadili oleh Mahkamah militer di Yogyakarta da dihukum 15 tahunpenjara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar