Rabu, 02 Februari 2011

Pertahanan sepakbola

PERTAHANAN SEPAK BOLA
A. Ketrampilan Gerak Dasar Permainan
Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang tersebut, agar tidak kemasukan bola. Di dalam memainkan bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan.
Keberhasilan tim sepak bola selain ditentukan ketrampilan masing-masing individu pemain juga ditentukan oleh ketepatan formasi dalam taktik bertahan dan menyerang. Dalam hal ini akan dibicarakan tentang pola bertahan. Ada dua macam pola bertahan, yaitu memmpertahankan daerah (zona defence) dan satu lawan satu (man to man marking).
Tujuan pertahanan sendiri adalah merampas bola dan membersihkan bola dari daerah
berbahaya sehingga selamat dari kemungkinan kemasukan bola / gol.
B. Strategi Dasar Bertahan (Devensif Strategy)
1. Mengoper, Menghentikan, dan Menggiring bola dengan teman
Untuk latihan ini minimal diperlukan satu orang teman, caranya buat formasi dua berjajar
dengan teman sebelahnya kira-kira berjarak 4-5 meter.
2. Teknik Menyundul Bola
Menyundul bola dapat digunakan untukpassing untuk menembak ke gawang dan untuk bertahan. Walaupun suatu usaha yang nyata di dalam permainan sepak bola untuk tetap memelihara dengan bola selalu rendah tetapi bola-bola yang tinggi juga merupakan taktik yang berguna di dalam situasi yang berbeda.
Demikianlah pemain-pemain tidak akan dapat menghindari bermain tanpa menyundul bola. Pemain belakang harus ahli dalam hal menyundul bola ini. Sebaliknya sewaktu menyundul bola diarahkan ke bawah, terutama kalaupassing dan menembak ke arah atas gawang. Hal ini karena memudahkan kawannya untuk mengontrol bola dan lebih menyulitkan penjaga gawang. Menyundul bola dapat dilakukan dengan sikap berdiri di tempat atau dengan melompat. Melompat dapat dilakukan dengan atau tanpa awalan. Menyundul bola adalah gerakan dari seluruh badan, oleh karena itu yang perlu diperhatikan di dalam menyundul bola ialah penggunaan dari sekelompok otot-otot besar dari tubuh. Otot-otot leher ditegangkan dan dahi bagian kepala yang kontak dengan bola. Menurut anatomi dahi adalah daerah yang paling menguntungkan untuk menyundul bola. Karena di samping mempunyai daerah yang relatif luas sehingga ketepatannya dapat dipertanggungjawabkan, juga tidak akan merasa sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar