Rabu, 02 Februari 2011

Si Jalak Harupat alias Otto Iskandardinatta

Si Jalak Harupat alias Otto Iskandardinata
Otto Iskandardinatan mendapat julukan “Si Jalak Harupat” (burung jalak yang pemberani). Julukan tersebut didapatnya karena keberaniaanya dalam menentang segala kebijakan Belanda. Sewaktu menjadi anggota Voolksraad mewakili Paguyuban Pasundan, Otto Iskandardinata sering mengeluarkan kritikannya kepada pemerintah kolonia. Akhirnya, keanggoataannya dalam Voolksraad dicabut pada tahun 1935.
Otto Iskandardinata lahir pada 31 maret1897 di Bandung. Setelah menamatkan pendidikan dasarnya, ia melanjutkan di Hoogere Kweekschool (HKS, Sekolah Guru Atas) di Purworejo, Jawa Tengah. Ia pernah berkecimpung di berbagai organisasi pergerakan nasional, seperti Budi Utomo dan Paguyuban Pasundan. Selain aktif dalam organisasi, ia juga aktif dalam bidang jurnalistik. Ia menerbitkan Koran Warta Harian Cahaya.
Karena pemikirannya, ia dipercaya menjadi anggota PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat), Jawa Hokokai (BAdan Kebaktian Rakyat Jawa), Chuo Sangi In (Dewan Perwakilan Rakyat buatan Jepang). Ketika PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dibentuk, ia diangkat menjadi anggotanya. Dengan kapasitasnya sebagai anggota panitia, ia pun ikut menyusun UUD 1945

Tidak ada komentar:

Posting Komentar